Manfaat Sarapan

Sarapan sebenarnya sangat penting untuk tubuh, terlebih kita akan mendapatkan asupan tenaga yang cukup saat sarapan untuk menjalani aktivitas sebelum sampai waktu makan siang. Namun banyak dari kita yang melewatkan sarapan karena alasan terburu-buru berangkat ke sekolah, kuliah atau kerja, dan ini adalah kebiasaan yang tidak baik.

Manfaat sarapan

Untuk sarapan, dianjurkan memilih menu dan porsi yang sehat dan gizi seimbang yang mengandung protein, mineral, karbohidrat, lemak baik dan kalsium. Salah satu contoh menu sarapan yang sehat adalah kombinasi antara susu sereal telur mineral dan vitamin juga perpaduan antara unsur cair dan padat.

Manfaat Sarapan

Agar Anda tidak lagi melewatkan sarapan setiap pagi, berikut ini beberapa manfaat yang bisa Anda dapat dengan sarapan.

  1. Meningkatkan metabolisme tubuh

Saat metabolisme tubuh meningkat maka pembakaran kalori pada tubuh juga akan meningkat, ketika itu tubuh akan menghasilkan banyak energi. Energi yang dihasilkan setelah menyantap sarapan ini nantinya akan digunakan oleh otot serta sistem saraf untuk membantu kita aktif dan cekatan dalam menjalani rutinitas harian.

  1. Memperkuat tulang

Sarapan dengan minumm susu juga memiliki manfaat yang baik karena kalsium pada susu akan membantu meningkatkan kepadatan serta proses pertumbuhan tulang kita.

  1. Memberi nutrisi pada otak

Saat perut kosong seringkali kita merasa sangat sulit berkonsentrasi. Karenanya jangan lewatkan sarapan untuk memberi nutrisi pada otak yang akan membantu kita dalam berkonsentrasi agar bisa melakukan pekerjaan dengna lebih produktif.

  1. Meningkatkan fungsi kognitif

Untuk anak, manfaat sarapan dapat membantu meningkatkan fungsi kognitif mereka saat melakukan aktivitas bermain dan belajar.

  1. Menjaga kadar gula darah

Selain dapat memberikan energi untuk tubuh dan juga nutrisi untuk otak, sarapan bermanfaat untuk meningkatkan kembali kadar gula darah yang turun setelah tidur di malam hari.

  1. Mencegah penyakit diabetes

Mencegah atau mengontrol kadar gula darah dapat menghindari serangan penyakit diabetes. Sarapan dapat mencegah keinginan untuk makan berlebih pada waktu makan siang, karena kebutuhan akan gula sudah terpenuhi pada pagi hari. Hal ini juga sekaligus untuk menjaga berat badan agar lebih terkendali.

  1. Mencegah sakit maag

Telah atau melewatkan waktu makan merupakan salah satu penyebab sakit maag, ini dikarenakan oleh naiknya kadar asam lambung. Dengan mengonsumsi sarapan yang sehat dan seimbang sebelum memulai rutinitas dapat menghindarkan dari serangan sakit maag, karena tubuh sudah mendapatkan asupan gizi yang cukup.

  1. Mencegah hormon stres

Manfaat sarapan yang terakhir adalah dapat melepaskan hormon kortisol. Hormon kortisol adalah penyebab stres pada pagi hari, jadi Anda bisa menjalankan rutinitas hari itu dengan lebih menyenangkan tanpa stres.

Setelah mengetahui beberapa manfaat sarapan di atas, tentu Anda tidak ingin melewatkannya bukan? Semoga tips kesehatan seputar sarapan kali ini dapat meningkatkan taraf hidup sehat Anda dan menjaga kesehatan Anda.

Leave a Comment